• SDN 001 SANGATTA UTARA
  • SATU JUTA! SABAR, TULUS, JUJUR, TAQWA YESSSS

Apa Itu Program "BANGGA KENCANA"

Bangga kencana merupakan sebuah akronim dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana.

Bangga Kencana memiliki tiga program yaitu :

  1. Pembangunan Keluarga
  2. Kependudukan 
  3. Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi

Adapun kelompok kegiatan yang ada dalam program Bangga Kencana, antara lain:

Bina Keluarga Balita (BKB)                                                                                 

Kelompok kegiatan (POKTAN) Keluarga yang mempunyai balita, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki balita dalam membina tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur.

Bina Keluarga Remaja (BKR)

Bentuk kelompok kegiatan untuk melaksanakan bimbingan, pembinaan, dan memberikan pengetahuan kepada keluarga yang mempunyai anak remaja agar membantu dalam memahami remaja, permasalahan remaja, dan cara berkomunikasi dengan remaja.

Bina Keluarga Lansia (BKL)

Kelompok Kegiatan (POKTAN) keluarga yang mempunyai lansia yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lansia, dan lansia itu sendiri untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS)

Pemberdayaan ekonomi keluarga yang dikembangkan melalui usaha ekonomi mikro dengan sasaran keluarga, khususnya keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera I

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) 

Suatu wadah kegiatan yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan bekeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Kampung KB

Satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program bangga kencana serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Program Bangga Kencana merupakan wujud komitmen untuk berkontribusi dalam upaya terwujudnya keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang.

 

Tulisan Lainnya
Simulasi Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021

SDN 001 SANGATTA UTARA - Memasuki persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Sekolah Dasar Negeri 001 Sangatta Utara mengadakan simulasi, sebagai bentuk kesiapan warga sekolah dalam

03/10/2021 12:01 - Oleh SDN 001 SANGATTA UTARA - Dilihat 1580 kali
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SDN 001 SANGATTA UTARA

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SDN 001 SANGATTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Jadwal pelaksanaan PPDB Tahun 2021 Pendaftaran peserta didik baru : 21 - 26 Juni 2021 Seleksi administras

09/07/2020 13:02 - Oleh SDN 001 SANGATTA UTARA - Dilihat 3907 kali